SELAMAT DATANG........Sahabat Pembudidaya

.

FISHERIES FOR PEOPLE WELFARE, Dengan Ikan kita sehat, cerdas dan Sejahtera

Perikanan adalah sumberdaya yang terbarukan dan tak ternilai di bumi ini, seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan manusia.

Salad Rumput Laut dari Sulawesi Selatan

Senin, 02 Juli 20120 komentar


wisata.kompasiana.com/.../salad-rumput-laut-dari-sulawesi-selatan. 
Satu lagi bahan makanan masyarakat Sulawesi Selatan yang unik yang saya temui. yaitu Lawi-lawi, sejenis rumput laut anggota genus Caulerpa, family Caulerpacceae. Anggota genus Caulerpa ini mempunyai keunikan sendiri, karena terdiri dari satu sel dengan inti banyak.
lawi-lawi( Caulerpa   (dok. Sribudi Astuti) 
lawi-lawi( Caulerpa racemosa)
Spesies Caulerpa racemosa dan Caulerpa lentillifera paling banyak dimakan dengan sebutan umum anggur laut (sea grapes) caviar hijau (green caviar), umi budo (di Okinawa), lawi-lawi (sulawesi selatan).  Caulerpa sepesies yang edible ini di filipina banyak dibudidayakan di cebu untuk konsumsi domestik dan diekspor ke Jepang. Di Indonesia, jenis lawi-lawi dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dilapis gula.
Masyarakat Sulawesi Selatan umumnya mengkonsumi lawi-lawi dalam keadaan segar sebagai salad atau lawara dan dimakan bersama dengan ikan bakar, ikan goreng, atau ikan asin kerapu. Ciri utama lawi-lawi adalah butir anggurnya yang kalau masuk mulut terasa krenyes-krenyes dan aromanya unik, akan tetapi jangan sampai menyimpannya didalam lemari es untuk dipakai dikemudian kari, sekali masuk lemari es, lawi-lawi akan mati dan ‘butiran anggur’nya menghilang.
Resep mengolah lawi-lawi yang saya dapat ternyata sangat mudah, cukup dengan membersihkan lawi-lawi segar dengan air bersih. bisa juga dipisahkan antara stolon dengan ‘tangkai anggur’kemudian dicuci bersih.
Sribudi Astuti) 
‘anggur’ yang sudah dipisahkan dari stolon
Lawi-lawi yang sudah bersih kemudian ditambah dengan cabe rawit merah yang diiris, bawang merah yang dicincang halus, dan serutan mangga mengkal dicampur tata dan siap untuk dihidangkan.
Sribudi Astuti) 
salad lawi-lawi
Berdasarkan pengalaman saya, salad lawi-lawi ini paling enak disantap bersama ikan sunu 9kerapu) yang diasinkan dan digoreng. atau bisa juga disantap bersama ikan bandeng bakar bumbu pedas.
Stolon lawi-lawi dapat diolah menjadi lawara dengan menambahkan kelapa goreng yang diparut dan bumbu bawang merah serta cabe rawit dan disajikan sebagai pelengkap makan ikan, Barobbo (buubur jagung dan sayuran khas Sulawesi Selatan) atau kapurung.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PUTRA NANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger