SELAMAT DATANG........Sahabat Pembudidaya

.

FISHERIES FOR PEOPLE WELFARE, Dengan Ikan kita sehat, cerdas dan Sejahtera

Perikanan adalah sumberdaya yang terbarukan dan tak ternilai di bumi ini, seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan manusia.

Donge-Donge dan Lawi-Lawi

Selasa, 03 Juli 20120 komentar

Lalapan Asyik Ala Makassar

SABTU, 28 NOVEMBER 2009


RHD. Masyarakat Makassar (para yang menghuni bagian selatan lengan selatan sulawesi) mengenal lalapan bukan hanya daun atau buah yang hidup di darat, tetapi masyarakat ini punya lalapan yang berasal dari laut. Donge-Donge dan Lawi-Lawi merupakan sejenis rumput laut, keduanya umumnya dimakan bersama ikan.

Donge-donge akan lebih asyik jika dimakan bersama ikan yang dimasak dengan rasa asin (pallu ce'la) atau ikan bakar dicampur cacah mangga muda (raca taipa), kelapa muda parut, atau terong bakar.
Sedangkan Lawi-Lawiasyiknya dimakan bersama ikan yang dimasak dengan rasa asam (pallu kacci). Lawi-Lawi,yang memiliki biji-biji bening serta isi yang renyah mirip anggur hijau ini, ketika tergigit lidah akan muncul suarakriuk-kriuk.

Kedua makanan ini dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional yang bertebaran di sepanjang Makassar hingga Bantaeng. Harganyapun relatif mudah, 1.000 - 4.000 rupiah perikatnya. Harga dipengaruhi bulannya karena biasanya lalapan ini akan mudah ditemui pada bulan April - Nopember. (DN).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PUTRA NANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger