SELAMAT DATANG........Sahabat Pembudidaya

.

FISHERIES FOR PEOPLE WELFARE, Dengan Ikan kita sehat, cerdas dan Sejahtera

Perikanan adalah sumberdaya yang terbarukan dan tak ternilai di bumi ini, seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan manusia.

Keuntungan besar, Nila di Polykulture dengan Udang Vannamei

Sabtu, 21 Juli 20120 komentar



TAKALAR. Inovasi yang dikembangkan pihak BBAP Takalar terhadap pengembangan teknologi budidaya berkaitan dengan upaya peningkatan produktivitas tambak terus berlanjut.  Impian para pembina lapangan BBAP Takalar seperti Bpk Nana S.S Udi Putra dan Bpk Dasep Hasbullah yang sekaligus sebagai Field Project Coordinator dan Asistennya mencoba memadukan ikan nila Gesit dengan udang Vannamei yang dilakukan secara polikultur menghasilkan prduksi yang cukup memuaskan. Kondisi lingkungan yang stabil pada salinitas di bawah 10 ppt ikan nila maupu udang Vannamei bisa berkembang dengan baik. 

Tambak yang digunakan adalah tambak tradisional dengan sumber air terbatas dan berasal dari sumur bor dan tidak memiliki pintu air karena tidak ada saluran. Dengan luasan tambak 0.7 Ha, udang yang ditebar sebanyak 30.000 ekor dan 5000 ekor nila gesit. Sedangkan persiapan sangat sederhana hanya degan pengeringan, pemberian saponin karena tidak bisa kering total, dan pemberian pupuk organik. Kaena jumlah udang yang cukup padat maka polikultur ini diberikan pakan udang. Dari dua kali kegiatan budidaya yang sama hasil yang diperoleh setelah 4 bulan pemeliharaan bahwa Vannamei bisa menghasilkan 363 kg dengan size 60-70 ekor/kg  dan SR 81%. Sedangkan nila diperoleh 490 kg dengan size 3-5 ekor/Kg dengan SR 72%. Secara keseluruhan dengan harga udang Rp 36.000/kg pada size tersebut dan harga nila Rp 13.000/kg pada size tersebut menghasilkan keutungan bersih dalam 1 siklus mencapai Rp 14 juta rupiah.  Ini adalah inovasi yang sangat baik di tengah -tengah kondisi budidaya yang terpuruk di kalangan pembudidaya sekala kecil. Sehingga kegiatan budidaya polikultur antara nila dan udang Vannamei bisa dilakukan pada kondisi lahan dan lingkungan terbatas. Sehingga sistem ini sangat cocok dikembangkan di lahan tambak dengan salinitas yang rendah dibuktikan dengan keuntungan yang sangat besar [pn/7/12].
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PUTRA NANA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger